Kamis, 16 Desember 2010

STORAGE dan CARA KERJA HARD DISK, FLOPPY DISK, CD-ROM


STORAGE
Storage, merupakan media penyimpanan. Storage digunakan untuk menyimpan data baik dalam jangka waktu pendek, maupun dalam waktu yang panjang. Struktur disk merupakan suatu hal yang penting bagi penyimpanan informasi. Ada 2 macam aturan pemetaan (Disk Data Organization), yaitu:
Ø  Constant Angular  Velocity (CAV)
Digunakan pada Hard Disk. Pada CAV, saat head dari suatu storage device bergerak kebagian track yang lebih dalam, kecepatan rotasi akan tetap dipertahankan. CAV mempunyai karakteristik kecepatan rotasinya tetap, ukuran block tetap, dan jumlah sektornya juga tetap.
Block merupakan data yang ada pada 1 sector 1 track di suatu permukaan (side).

Rumus : B = T S b

T :  banyak track
S :  banyak sektor = banyak block tiap track
b :  jumlah bytes tiap block
B:  total kapasitas data pada disk
                Waktu Akses CAV
                                3 langkah operasional :
                                ts : Seek Time = waktu memindahkan head pada track yang tepat
                                tl: Latency Time = waktu delay untuk menunggu block yang diinginkan dibawah head
                                tt : Transfer Time = waktu yang dibutuhkan untuk membaca block
                                tb = total block access time :              tb = ts + tl + tt

Ø  Constant Linear Velocity (CLV)
CLV digunakan pada CD-ROM dan DVD-ROM. Di dalam CLV, saat head dari suatu storage device bergerak kebagian track yang lebih dalam, kecepatan rotasi akan bertambah. CLV mempunyai karakteristik lintasannya (track) tidak konsentris dan berupa spiral dan kepadatan tiap track tetap.


CARA KERJA HARD DISK, FLOPPY DISK, CD-ROM
·         Hard Disk
Hard Disk adalah tempat penyimpanan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya pun bervariasi, ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi,  ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB.

·         Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan Hard Disk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

·         CD-ROM
ROM (Read Only Memory) adalah penyimpan data yang hanya bisa dibaca CD-ROM dan berfungsi untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD).. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis/menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja Hard Disk atau Floppy Disk. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar