Rabu, 20 Oktober 2010

PCA 10-01_Alur Komunikasi Pada Motherboard dan tentang BIOS

Alur Komunikasi pada Motherboard

Alur komunikasi pada motherboard ada dua, yaitu:
 North bridge, adalah chipset utama yang bekerja sebagai pengatur alur kerja prosesor dalam berhubungan dengan sejumlah komponen lainnya, chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem.
 South bridge, merupakan chipset pembantu yang bekerja sebagai pengatur alur data kerja prosesor. Yang tidak diatur Chip North bridge seperti IDE/harddisk, DMA, interrupt,USB serta DMA.
Gambar alur pada motherboard :




Pengertian BIOS dan fungsinya

BIOS (Basic Input Output System), merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS disimpan atau ditanamkan di ROM (Read Only Memory).

Fungsi dari BIOS:
 Mengenali semua hardware/perangkat keras yang terpasang pada PC/komputer.
 Inisialisasi (Penyalaan), serta pengujian terhadap semua perangkat yang terpasang (dalam proses yang dikenal dengan istilah Power On Self Test)
 Mengeksekusi MBR (Master Boot Record), yang berada pada sektor pertama pada harddisk, yang fungsinya adalah untuk memanggil sistem operasi dan menjalankannya.
 Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting/urutan booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
 Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Service.


Tipe-tipe BIOS dan vendornya

 Tipe-tipe BIOS adalah AMI, AWARD, Gui dan Non Gui.
 Ada berbagai macam merek BIOS, tergantung motherboard yang kita pakai. Yang terkenal yaitu AMI BIOS, Phoenix BIOS, IBM BIOS, AWARD BIOS, dll.

Setiap vendor memiliki ciri settingan yang berbeda maka pengaturan BIOS pada setiap komputer pun akan berbeda-beda.
Jika anda akan merubah settingan BIOS, anda dapat melakukannya pada saat proses booting (menyalakan komputer), setiap BIOS memiliki cara masing masing untuk masuk ke dalam Menu BIOSnya, yang paling umum adalah menekan tombol del atau alt+f4. Lihat saja petunjuk yang keluar dilayar monitor pertama kali komputer dinyalakan.

Untuk masuk pada menu BIOS ada berbagai macam cara tergantung dari BIOS yang anda gunakan. Untuk Award dan AMI umumnya menggunakan tombol Delete pada saat pertama kali komputer dinyalakan.













Source : (http://wanted32.blogspot.com/2009/10/pengertian-bios.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar